Oktober 15, 2008

MITOS TENTANG PANGGUL VS KELAHIRAN NORMAL

Banyak mitos yang berkembang mengenai hubungan panggul dan kemampuan melahirkan secara normal. Nah, informasi di bawah ini mungkin dapat berguna :
  1. Panggul bukan pinggul. Panggul merupakan kumpulan tulang dengan sedikit otot, sedangkan pinggul merupakan kumpulan otot dan lemak. Jadi, seseorang yang memiliki pinggul besar belum tentu panggulnya juga besar.
  2. Kurus. Wanita bertubuh kurus bukan berarti memilki panggul yang kecil. “Tidak ada hubungan antara berat badan dengan ukuran panggul,” kataa Dr. Uf Bagazi, SpOG, dokter spesialis obstetric dan ginekologi, Brawijaya Women and Childern Hospital, Jakarta.
  3. Pendek. Wanita dengan tinggi kurang dari 145 cm memnag dapat dindikasikan memiliki panggul yang kecil dan sempit. Tetapi, ini hanya merupakan indikasi, bukan sesuatu yang pasti. “Butuh pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan dan selama ukuran bayinya proposional dengan ukuran jalan lahir serta bisa memenuhi syarat-syarat kelahiran normal, maka tidak ada masalah,” terang Dr. Uf.
Artikel di atas saya dapat dari majalah Parent’s Guide, mudah-mudahan bisa menjadi masukkan untuk teman-teman yang sedang menunggu kelahiran sibuah hati apalagi yang pertama.

Berbekal pengalaman saya waktu melahirkan Baby Key awal 2008 kemarin, sampai masuk bulan kesembilan saya dan suami didukung juga dengan hasil pemeriksaan rutin melalui USG tidak pernah ada keraguan , saya yakin dan siap untuk melahirkan secara normal.

Kepala bayi sudah dalam posisi yang tepat, pinggul saya yang besar juga meyakinkan hampir sebagian besar orang. Mungkin Dr. Nurhayati, SpOG dokter langganan saya punya sedikit keraguan karena entah kenapa pada tanggal 7 Januari 2008, pada waktu pemeriksaan yang sudah mulai memasuki 1 minggu sekali, pas timbang berat badan, saya yang waktu itu naek lebih dari 2 kilo hanya dalam waktu 1 minggu, kena teguran dari Dr. Nur.

“Waduh kamu itu kok cepet banget naek berat badannya Nov, kan saya udah bilang kurangi karbohidratnya, kamu masih berencana melahirkan normal kan?”, saya cuma ngangguk kecil suami saya juga diem aja .
“Coba kita cek lagi!”, itu tandanya saya harus naek ke ranjang pemeriksaan trus pas di USG dokternya bilang lagi “Menurut perkiraan saya bayinya udah diatas 3,5 kilo lho… kamu yakin dengan tanggal mens terakhir kamu? Tali pusarnya juga kok keliatannya sudah tua ya sudah mulai ada pengapuran! Kita induksi aja ya!”

Selang berapa lama tahu-tahu Dr. Nur udah memasukkan something ke bagian kewanitaan saya trus katanya malam itu juga kalo mulai mules langsung aja ke rumah sakit, ditungguin sampe nggak bisa tidur sampe keesokkan harinya masih nggak ada tanda-tanda mules.

Sampe jam 9 pagi saya dateng lagi ke tempat prakteknya Dr. Nur, trus diinduksi lagi obat yang ke-2, ditungu sampe sore jam 5 masih nggak mules sama sekali, akhirnya saya disarankan langsung ke rumah sakit,.
Di rumah sakit RK. Charitas, karena saya bilang udah diinduksi langsung saja ditempatkan di ruang bersalin, jam 7 malem saya diinduksi buat yang ke-3 kalinya, jam 10 mulai mules tapi dikit banget, saya ditemani suami isi waktu dengan ngobrol sesekali saya jalan-jalan disekitar kamar, per 3 jam detak jantung si baby dicek, semuanya ok tinggal tunggu mulesnya aja, tapi sampe jam 12 malem masih nngak ada tanda-tanda juga, sampe susternya yang kasian liat saya dan suami yang tegang banget menyarankan kami istirahat di kamar pasca bersalin aja, karena berada di sana emang stressfull banget, dikit-dikit denger ibu-ibu yang merintih sampe jerit-jerit, akhirnya malam itu kami tidur di kamar biasa

Jam 7 pagi saya dijemput lagi ke ruang bersalin jam 9 pagi Dr. Nur baru dateng ngecek, yang akhirnya diputuskan induksinya harus dengan cara laen yaitu melalui infus denger kabar sih Cuma ½ botol juga pasti kita udah mules hebat, but guess what? Sampe hari ke-3 dirumah sakit sudah masuk ke botol yang ke-3 yang saya dapet cuma mules sedikit, bercak sedikit dan bukaan 1 sempit, juga karena Dr. Nur ada tugas keluar kota saya dititipkan ke Dr. Siti Mirza Nuria, SpOG, yang setelah ngecek kondisi saya sebentar langsung memutuskan untuk dilakukan bedah ceasar, akhirnya Kezia lahir dengan berat 3 kilo pas.

Langsung lanjut ke hari ke-11 setelah melahirkan waktunya ganti perban dan cek rahim ke tempat praktek Dr. Nuria, rahimnya udah bagus, jahitannya juga udah kering, trus Dr. Nuria yang gaul itu bilang “Nov, pas dokter liat panggul kamu tuh sempit lho, so pilihan kita tepat buat caesar, kamu bisa normal tapi babynya harus di bawah 2,5 kilo, yang kalo lihat bapaknya sih kayaknya nggak mungkin!”, sambil melirik ke suami ku yang jangkung abizz itu, hehehe.

BtW info tambahannya nih tinggi saya Cuma 147 cm, jadi artikel diatas plus pengalaman saya hopes bisa bener-bener jadi bahan pertimbangan. Untungnya saya cepat merubah keputusan dari melahirkan secara normal ke ceasar secara Kezia sudah 3 hari di dalem dengan berbagai obat-obatan yang “memaksa” dia untuk keluar, belum lagi ternyata kenyataan bahwa panggul saya sempit, yang sangat-sangat beresiko kalo saya saya masih maksa mau melahirkan normal saat itu, tapi akhirnya this story end with a very happy ending .

Denise Kezia Kriswanto sekarang udah 9 bulan 5 hari, sehat, lucu, cerdas, pokoknya perkembangan otak dan motoriknya sangat membanggakan deh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar