Oktober 27, 2008

Trend Vegetarian

Udah agak lama rencana mau buat postingan tentang being vegetarian (orang yang memilih tidak mengkonsumsi produk hewani beserta olahannya), akhirnya setelah 4 hari berturut-turut pulang malam, hari ini sementara baby Key tertidur pulas saya punya kesempatan untuk menyalin sebuah artikel yang saya baca dari Chic Magazine beberapa waktu yang lalu, lumayan buat nambahin pengetahuan kita tentang gerakan yang semakin ngetop belakangan ini.

So inilah beberapa jenis vegetarian yang ada :
  1. Vegan
    Adalah Sebutan untuk vegetarian murni tidak mengkonsumsi daging, termasuk produk dari hewan seperti susu, telur, bahkan madu dan hasl olahannya. Kelopok ini juga biasnyamenghindari pemakaian animal products seperti kain sutera dan bahan wol.
  2. Raw Vegetarian
    Kelompok ini hanya mengkonsumsi sayur, buah, biji-bijian, kacang-kacangan, yang tidak diolah atau dimasak. Menurut kelompok ini, makan mentah lebih sehat karena masih mengandung banyak vitamin dan mineral
  3. Frutarian
    Tipe vegetarian ini hanya mengkonsumsi buah-buahan dan kacang-kacangan, terutam yang jatuh sendiri dari pohon. Meski harus mengambil atau memetik buah dari pohon, setidaknya itu dilakukan tanpa merusak atau mematikan si pohon.
  4. Ovo-Lacto Vegetarian
    Kelompok ini memang tidak mengkonsumsi makandari hewani. Namun merea masih memakan produk harian seperti telur (ovo) dan susu (lacto). Ada juga kelompok ovo vegetarian yang hanya makan telur an lacto vegetarian yang hanya minum susu di luar makan veggie-nya
  5. Pescatarian
    Meski tidak memakan makanan dari produk hewani, kelompok ini memlih ikan-ikanan sebagai pengganti daging untuk konsumsi harian. Eorang pescatarian biasanya juga mengkonsumsi susu dan telur
  6. Transitional Vegetarian
    Kelompok ini tidak mengkonsumsi daging hnya pada saat-saat tertentu. Biasanya karena mereka mengalami kesulitan menjadi vegetarian murni sehingga melakukannya secara bertahap. Masuk dalam kelompok ini, social vegetarian. Kelompok ini menjdi vegetarian hanya untuk menghormati teman yang memang vegetarian.

Ya meskipun saya bukan vegetarian, tapi di Palembang sendiri salah satu resto favorit saya waktu wisata kuliner adalah resto dengan menu special vegetarian yang letaknya aja di Maha Vihara Maitreya Duta, dan kayaknya makan ala vegetarian malah lebih mahal dari menu resto biasa yah..?

1 komentar:

  1. Mbak,
    Standard gaji BS di Jkt emg tinggi, soalnya byk permintaan kan jdnya pada belagu tuh yayasan-2... :)

    btw salam kenal, untuk sementara saya siy masih suka daging-2an... kekeke...

    BalasHapus